RAINBOW CLOCK


Jam Dinding Pelangi

Saya benar-benar percaya dengan keajaiban "Recycle" a.k.a daur ulang dan ketika saya  melakukan kegiatan daur ulang, saya teringat untuk membuat hadiah serta mengajari anak-anak saya bagaimana Anda dapat membuat hal-hal yang benar-benar baik dengan hal-hal yang Anda akan buang... selain menyelamatkan lingkungan... kita juga bisa menghemat uang dengan membuat hal-hal baru dari barang bekas yang dapat Anda gunakan dan dapat dijadikan hadiah kepada orang lain!

Seseorang akan mengatakan lebih murah untuk membeli daripada harus bersusah payah... mungkin ada benarnya... tapi yakinkah bahwa Anda tidak akan mau membantu lingkungan?

Berikut adalah petunjuk dalam membuat jam yang menggunakan bahan daur ulang. Andapun bisa menjadikannya sebagai hadiah untuk teman Anda.

RAINBOW CLOCK

Langkah 1: Hal-hal yang Anda butuhkan


12 buah stik es
1 mesin jam bekas, atau anda bisa membelinya.
cardboard (kardus tebal) atau apa pun itu 
yang keras namun dapat dipotong dengan gunting
1ply tripleks (ini saya dapatkan di sekitar rumah ibu saya)
Pewarna kain atau cat akrilik
hiasan dinding (opsional)
Lem

Langkah 2: Mewarnai stik

WarnaI stik es sesuai dengan yang Anda inginkan (saya mewarnai dengan warna pelangi). Ratakn ke dinding dan berikan tanda garis dengan penggaris.
Tanda ini dibuat untuk menentukan berapa besaran lingkaran untuk menyisipkan nomor pada jam.


Langkah 3: Angka

Saya memotong  lingkaran dari kardus tebal (cardboard) dengan diameter 2 inchi...  Diperlukan tenaga ekstra untuk menggunting yang satu ini! 
Gambarlah nomor dengan pensil.
Kemudian saya mencoba mewarnainya dengan cat akrilik... akan tetapi warna akrilik tidak menempel di kardus yang  mempunyai beberapa lapisan mudah rusak di atasnya, dan sayapun bertanya-tanya apa yang harus dilakukan. Sayapun mendapatkan ide untuk mencoba akrilik filler!
Saya dan Anak-anak akhirnya memberikan warna pada ruang negatif dilapisi dengan akrilik filler... setelah itu kami berikan tekstur dengan mengangkat dengan jari-jari kita. Setelah kering kami melakukan pengecatan dengan cat akrilik warna.



Langkah 4: Tampilan Jam

Saya membuat lingkaran pada triplek dan memotongnya dengan gergaji kayu. 
Saya kemudian mengecatnya dengan warna putih. Kemudian Saya menggunakan penggaris busur derajat dan membagi kedalam12 bagian yang tepat (Dengan ini, Anda dapat menunjukkan kepada anak Anda bagaimana sebuah lingkaran penuh adalah 360 derajat dan bagaimana Anda bisa mendapatkan trik bagaimana membagi sama dalam 12. 

(Sebagai masukan:
Tariklah garis dan buat tanda-tanda kecil pada bagian sisi sehingga Anda dapat melacak tanda-tanda tipis di sisi kanan dan tidak merusak bagian depan.
Buatlah sebuah lubang (Anda dapat menggunakan paku besar jika Anda tidak memiliki sebuah bor.)




Langkah 5: Menempelkan Stik

Berikanlah lem pada garis di sisi kanan jam... Pastikan bahwa baris Anda ditandai di stik es yang sudah diselaraskan dengan tepi lingkaran.
Untuk mudah menggantungnya, Saya mengebor tutup botol (Anda juga dapat melakukan ini dengan memanaskan paku dan buatlah ke bentuk yang Anda inginkan pada tutup botol tersebut.
Setelah itu, Saya menempelkan mesin jam tepat di atas dengan lem tembak 
(Gantungan harus sama atau sedikit lebih besar dari ukuran mesin jam... jika berbeda Anda tidak akan dapat menggantungnya)



Langkah 6: Meletakkan angka

Sekarang yang harus Anda lakukan adalah meletakkan angka... Ambil lem tembak Anda dan berikan sedikit pada ujung stik es!!
Tempel kembali jarum jam yang sempat dilepas dan Andapun selesai!


Langkah 7: Panduan lain sebagai hadiah 


1. Jam juga bisa dibuat dengan kancing dan tusukan barbekyu!
2 . Ataupun flower clock yang terbuat dari kayu dan kain flannel.



Langkah 8: Jam Lego

Pada jam ini, saya menambahkan beberapa potongan Lego dan puzzle murah dan beberapa mainan mobil anak saya yang rusak...(jika Anda memiliki anak laki-laki... Pasti Anda akan menemukan beberapa mobil rusak :-))

Potonglah nama dan nomor dari stiker dan tempelkan pada jam!


by 

Posted By: whippersnapper

RAINBOW CLOCK

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

Follow Us

About Us

Ikutinajah adalah webblog yang menampilkan berbagai macam kreasi dari keseharian yang anda dapat lakukan sendiri di rumah, kantor, seokolah, atau dimanapun sesuai dengan apa yang akan anda buat.

Karena semua mudah, jadi tinggal IKUTINAJAH...

HAI!

AdSense

m

Like Us

© IKUTINAJAH All rights reserved | Theme Designed by Blogger Templates