3D PAPER PICTURE


Kertas Gambar 3D


Ini adalah prakarya yang saya dibuat untuk hadiah.

Andapun dapat mengikuti prakarya ini, atau Anda dapat menggunakannya sebagai inspirasi untuk desain Anda sendiri.

3D PAPER PICTURE

Langkah 1: Bahan dan alat

Kamu butuh:
• Kertas 120g, baik putih atau berwarna seperti yang diperlukan.
• Lem. 
• pensil dan spidol.
• Gunting.
• Pisau/ cutter.
• Ballpoint (yg telah rusak)
• Penggaris besi.
• Papan potong.
Sebagian besar bahan dan alat ada di setiap rumah, atau akan tersedia di toko buku.

Langkah 2: Teknik Dasar

Prakarya ini menggunakan teknik sederhana untuk membuat kertas menyerupai bentuk lebih organik dan alami:

Potonglah kertas dengan bentuk melengkung seperti gambar di bawah. cubit sedikit dari bagian atas sampai ke bawah sehingga menciptakan efek melengkung sedikit. 
Gunakan ujung kayu lancip ceperti gambar di bawah utnuk menambah efek lengkungan. 

Mudah dilakukan bukan?

Teknik ini dapat digunakan untuk membuat bentuk seperti rumput-batang, daun, cakar... 
hanya imajinasi Anda sendiri dengan benar membatasi kemungkinan.

Saya menggunakan kertas ringan (120gsm) dalam berbagai warna.

Saya membutuhkan bingkai dan gambar untuk di dalam bingkai.





Langkah 3: Frame

Buatlah frame dalam empat bagian, dua bagian memiliki panjang di 210mm  dan 2 bagian lainnya memiliki ukuran 297mm, agar sesuai dengan kertas A4 nantinya.

Perhatikan bahwa salah satu ujung setiap bagian memiliki kemiringan 45°. Setiap persegi akhir slot ke akhir 45° berikutnya agar dapat disambung dan ditempel nantinya.

Ketika menelusuri dan memotong potongan dengan template, menggambar tegas atas garis lipat dengan ballpoint untuk melakukan  pembengkokan.

Frame direkatkan di sudut-sudut dengan menggunakan selotip di bagian belakang dan kemudian lem pada bagian depan.








Langkah 4: Rumput

Saya membuat rumput panjang dari kertas tipis dengan sedikit lengkungan. Metode menekuk dan lipat menekankan dan melengkungkan potongan-potongan panjang.

Langkah 5: Dragonfly

Saya mencetak bagian tubuh capung dua kali dalam pola oval, untuk menekankan sifat seperti binatang.

Saya memutuskan untuk menggunakan warna polos untuk sayap.









Langkah 6: Pemasangan

Perhatikan, karena saya menggunakan lem putih cair, Saya harus menunggu kering selama beberapa menit untuk melanjutkan penempelan berikutnya. Jika saya menggunakan lem stick, perakitan gambar akan menjadi jauh lebih cepat.

1) Lapiskan kertas dengan membuat latar belakang.

2) Saya merekatkan frame dan biarkan kering.

3) Saya menempelkan alang-alang pada tempatnya (alang-alang diperlukan sedikit pemotongan agar  terlihat berdiri di frame).

4) Saya menempelkan badan capung pada latar belakang dan alang-alang (ingat - gunakan lem seminim mungkin!)

5) Saya menempelkan sayap pada tempatnya.



6) Akhirnya, saya rekatkan bingkai oanye ke gambar.










oleh 

Kiteman

Posted By: whippersnapper

3D PAPER PICTURE

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

Follow Us

About Us

Ikutinajah adalah webblog yang menampilkan berbagai macam kreasi dari keseharian yang anda dapat lakukan sendiri di rumah, kantor, seokolah, atau dimanapun sesuai dengan apa yang akan anda buat.

Karena semua mudah, jadi tinggal IKUTINAJAH...

HAI!

AdSense

m

Like Us

© IKUTINAJAH All rights reserved | Theme Designed by Blogger Templates